Minggu, 26 November 2023

128 Tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat

16 Desember 2023 mendatang BRI merayakan hari jadinya yang ke- 128. Tahun ini BRI mengusung tema Hebat dan Kuat, perjalanan panjang BRI selama 128 tahun yang mampu bergerak cepat dan selalu adaptif dengan berbagai kondisi mempresentasikan semangat dan kepercayaan diri untuk terus berinovasi, berkembang, dan menjadi lebih hebat.

128 Tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat
Awal berdiri Bank Rakyat Indonesia bernama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden, kemudian Februari 1946 mengganti nama menjadi Bank Rakyat Indonesia (BRI). Berawal dari mengelola dan menyalurkan dana masjid untuk masyarakat saat ini BRI sudah memberikan banyak layanan untuk masyarakat.

Beberapa layanan yang diberikan BRI saat ini, yakni: Tabungan seperti Tabungan BRI, Tabungan Simpedas, Tabungan Britama, dan Tabungan Britama X; Deposito; Kredit seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Modal Kerja, Kredit Tanpa Agunan, dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR); Investasi seperti Reksadana, Obligasi, dan Pembiayaan Investasi Syariah; Layanan perbankan digital seperti BRIMo, SMS Banking BRI, QLola, BRIZZI, ATM BRI, dan sebagainya; Layanan internasional seperti Layanan Remittance, Layanan Valasm Layanan Trade Finance; Lainnya, seperti asuransi, safe deposit box, dan layanan pengiriman uang.

Pahlawan UMKM

BRI merupakan bank yang memiliki jaringan terluas di Indonesia, terdapat 449 unit kantor cabang dan 13.863 unit ATM per tahun 2022. Salah satu layanan unggulan dari BRI yakni Kredit Usaha Rakyar (KUR) yang memberikan kepada pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Semester 1 2023 penyaluran KUR kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sudah mencapai Rp. 1 Triliun. Dengan layanan KUR, BRI merupakan pahlawan UMKM sehingga para pengusaha UMKM di Indonesia dapat bertahan pasca pandemi covid-19. Terdapat 3 (tiga) jenis Kredit Usaha Rakyat (KUR), yakni KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR TKI. Perbedaan dari ketiga KUR tadi yakni dari jumlah plafond yang diberikan oleh BRI dan nasabah, KUR Mikro maksimal plafond 50 juta, KUR Kecil plafond >50juta maksimal 500juta, sedangkan KUR TKI yakni dikhususkan untuk nasabah TKI dengan maksimal plafond 25juta.

Digitalisasi BRI 

Digitalisasi di masa saat ini sangat penting termasuk di dunia perbankan. BRI terus memperkuat aspek digitalisasi sesuai dengan visi perusahaan menjadi The Most Valuable Banking Group in South East Asia & Champion of Financial Inclusion di 2025.

Digitalisasi BRI khususnya UMKM seperti agen BRILink, aplikasi BRISpot bagi tenaga pemasaran BRI, serta Sentra Layanan Ultra Mikro (SENYUM), E-Buzz, QLola, QRIS.

BRI telah memiliki 666 ribu AgenBRILink yang tersebar di lebih dari 59 ribu desa per Juni 2023. Jumlah tersebut tercatat telah mengcover 80 persen dari total perkampungan di Indonesia. 

BRISpot adalah aplikasi dikembangkan oleh BRI yang diperuntukan untuk pekerja internal dalam menunjang pelaksanaan tugas sehari-hari, seperti proses pemasaran, prakarsa, putusan, monitoring dan pembinaan kredit, serta mengolah data, mengunduh dan menyimpan berkas kredit yang telah diproses, melihat data debitur kelolaan, kinerja user, dan sebagainya.

Sentra Layanan Ultra Mikro (SENYUM) merupakan penamaan dari Unit Kerja yang menggunakan konsep Co-location, dimana nasabah dapat mengakses layanan ekosistem Ultra Mikro dari 3 Entitas perusahaan (BRI, Pegadaian, dan PNM )di dalam satu lokasi layanan bersama

E-Buzz merupakan layanan perbankan di atas kendaraan yang menyerupai Kantor Kecil yang dapat bergerak dan berpindah-pindah sehingga masyarakat dapat melakukan transaksi biasanya E-Buzz bergerak di daerah yang bukan pusat kota

QLola merupakan Integrated Corporate Solution Platform yang memudahkan UMKM dalam melakukan akses ke berbagai produk dan layanan BRI hanya dengan satu kali log in. Qlola juga dapat diintegrasikan dengan sistem perusahaan UMKM melalui koneksi API (BRIAPI)

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. QRIS bagi UMKM sebagai alat pembayaran pelanggan.

Digitalisasi BRI bukan hanya untuk nasabah UMKM namun juga membidik nasabah induvidu seperti layanan BRIMo dan sebagainnya. Dengan adanyanya digitalisasi BRI diharapkan juga menjaga keamanan dalam bertransaksi.

Selamat Hari Jadinya 128 Tahun BRI tumbuh hebat dan kuat bersama masyarakat Indonesia yang senangtiasa memberikan layanan terbaik. BRI untuk Indonesia.

BRI KC Padang, Jl. Bagindo Aziz Chan No. 30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar