Minggu, 05 November 2023

Main-Main ke Solok : CSR Aqua Solok

Main-main ke Solok, tepatnya di Kayu Aro dan Kelok Batuang. Kali ini Yonie berserta teman-teman blogger dan konten creator Padang ke 3 tempat yakni Rumah Produksi Kopi Kayu Aro, Sayur Aquaponik dan Rumah Maggot. Ketiga tempat tersebut merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Aqua Solok.

Main-main ke Solok Edisi Kayu Aro 

Rumah Produksi Kopi Kayu Aro

Tempat pertama yang di datangi yakni Rumah Produksi Kopi Kayu Aro. Program CSR Aqua Solok disini merupakan hasil kolaborasi dengan Human Intiative (HI) Sumbar. HI memberikan pelatihan bagi Kelompok Tani Kopi Kayu Aro untuk meningkatkan hasil produksi. Disini kami diajarkan dari perwakilan HI (Pak Yozi, Pak Devry, dan Pak Nanda) bagaimana proses pengolahan kopi dari cherry kopi hingga kopi bisa dijual dan pastinya mencicipi kopi langsung. Proses pengolahan kopi terbagi tiga, yakni full wash, natural, dan honey. Di Rumah Produksi Kopi Kayu Aro lebih menggunakan proses full wash karena proses produksi yang lebih singkat.
 
CSR Aqua Solok : Rumah Produksi Kopi Kayu Aro





Photo Bersama dengan Binaan Aqua, Rumah Produksi Kopi Kayu Aro

Sayur Aquaponik

Pemberhentian kedua yakni Sayur Aquaponik. Program CSR Aqua Solok disini juga bermitra dengan Human Initiative (HI) Sumbar, sebagai pelaksana CSR Aqua Solok. HI memberikan pelatihan ke Kelompok Rumah Pangan Lestari untuk menerapkan sistem aquaponik. Aquaponik yakni sistem budidaya sayur dan ikan yang saling terhubung memberikan manfaat. Di tempat ini menggunakan sistem integrated farming, dari budidaya maggot yang berfungsi sebagai pakan ikan, lalu kotoran ikan yang berfungsi sebagai nutrisi sayuran. Untungnya hari ini kita bisa panen kangkung, dan langsung makan siang dari hasil panen hari ini.
CSR Aqua Solok Integrated Farming: Sayur Aquaponik




Photo Bersama dengan Binaan Aqua, Sayur Aquaponik

Rumah Maggot

Tempat terakhir yang dikunjungi yakni pembudidayaan maggot di Kelok Batuang. Dalam program CSR Aqua Solok memberi pelatihan ke Kelompok Bank Sampah Unit Kelok Batuang bagaimana pembudidayaan maggot. Ini kali kedua Yonie mengunjungi Rumah Maggot Kelok Batuang, kunjungan pertama cek disini.


Photo Bersama Binaan Aqua, Rumah Maggot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar