Minggu, 03 September 2023

Main-Main ke Budidaya Maggot dan Kebun Stoberi Solok

Main-main kali ini Yonie mau ke tempat yang lebih alam dan mengedukasi. Dua tempat yang Yonie kunjungi berada di sekitar Solok, yakni pembudidayaan maggot dan kebun stroberi. Kedua tempat ini merupakan kelompok binaan Aqua Solok.

Pembudidayaan Maggot di Solok

Maggot merupakan larva dari lalat jenis Black Soldier Fly (BSF). Jadi bukan dari sembarang lalat yang bisa menghasilkan maggot. Pembudidayaan maggot ini merupakan kegiatan kelompok masyarakat Kelok Batuang dari Bank Sampah Unit Kelok Batuang. Kelompok masyarakat Kelok Batuang sudah menjalankan pembudidayaan maggot ini sekitar 2 bulan. Maggot memiliki manfaat untuk menguraikan sampah organik dan sebagai pakan ternak.

Rumah Maggot Kelok Batuang   

Blogger Padang dan Kelompok Unit Kelok Batuang

Metamorfosis maggot:

Telur >>> Baby Maggot >>> Prepupa >>> Pupa >>> Lalat Dewasa

Telur menempel di kayu atau ranting. Pastikan tempat tersebut lembab, jadi apabila musim panas semprotkan kandang lalat 2 kali sehari jam 10 pagi dan jam 3 sore. Makanan untuk baby maggot yakni makanan yang lunak seperti ampas tahu atau nasi yang dihaluskan. Setelah dewasa, maggot bisa diberikan makanan yang tidak lunak, seperti sisa nasi (yang tidak dihaluskan😁). Untuk menghasilkan maggot yang putih, makanan yang diberikan yakni ampas kelapa. Pupa yakni ulat yang berwarna hitam diletakkan di kandang yang kering ditutupi kelambu.



Baby Maggot
Bintang utama: Maggot
Lalat BSF
Maggot dapat menguraikan sampah organik
Kandang Lalat BSF

Yang kerennya dari kelompok rumah maggot ini menerapkan sistem piket, dimana apabila yang piket tidak hadir akan di denda Rp 10.000. Terima kasih Ibuk Asmarniarti, IbukYulianis dan Vaurina yang sudah menjelaskan bagaimana pembudidayaan maggot.

Perkebunan Stroberi di Solok

Perjalanan dilanjutkan ke perkebunan stroberi, namun sangat disayangkan kebunnya lagi belum panen. Panen di sekitar bulan Desember 2023 nanti. Saat ini perkebunan ditanami cabe dan sisa tanaman stroberi. Tapi jangan sedih, kami masih menyempatkan untuk berfoto.

Blogger Padang dan Kelompok Bougenfil

Sebelum pulang kami menyempatkan untuk makan siang diperjalanan pulang. Ternyata sekarang Solok banyak cafe atau penginapan yang instagramable. Sungguh ga update Yonie😔. Sampai ketemu di main-main selanjutnya.
 

Selamat makan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar