Sabtu, 12 Agustus 2023

Apa Itu Susu Kental Manis?

Masa depan anak Indonesia diawali dengan kesehatan yang baik bagi anak-anak Indonesia. Permasalahan gizi pada anak-anak terbagi tiga, yakni stunting (kekurangan gizi mikro), underweight (kekeurangan gizi makro) dan wasting (gizi lebih).
Literasi susu kental manis

Permasalahan gizi
 
Asupan bayi yang terbaik adalah ASI (Air Susu Ibu). ASI ekslusif diberikan sampai bayi berusia 6 bulan dan ASI sebagai pendamping diberikan sampai anak berusia 2 tahun.

ASI adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat (dikutip dari wikipedia). Pengganti ASI bisa digantikan dengan susu formula khusus untuk bayi. Komponen susu formula tersebut dibuat sesuai standar yang menyerupai ASI, jadi bukan sembarang susu yang bisa dijadikan pengganti ASI. Apalagi jika pengganti ASI adalah Susu Kental Manis (SKM) sangat "BERBAHAYA" bisa menyebabkan ketiga permasalahan gizi diatas.

Sejarah Susu Kental Manis

Pada tahun 1850, seorang anak kecil meninggal akibat keracunan setelah minum susu yang sudah basi. Sehingga Gail Borden (penemu asal New York) menciptakan metode pengawetan susu agar lebih aman walaupun disimpan dalan waktu lama. Setelah percobaan yang berkali-kali, akhirnya Borden menambahkan gula dalam jumlah banyak yang berfungsi untuk menghalangi pertumbuhan bakteri sehingga memperpanjang masa simpan susu.

Susu Kental Manis

Dari sejarah susu kental manis dapat disimpulkan bahwa susu kental manis banyak mengandung gula. Jadi bisa dibayangkan jika anak-anak atau bayi mengkonsumsi susu kental manis akan mengalami gangguan gizi. Walaupun harga susu kental manis murah dibandingkan dengan susu formula khusu bayi dan anak-anak tapi bahayanya sangat besar. Jika teman-teman perhatikan disetiap lebel susu kental manis pasti selalu ada peringatan seperti ini: 

Peringatan susu kental manis di label
Peringatan susu kental manis di label

Kesimpulannya susu kental manis bukan merupakan susu pengganti ASI dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi rutin baik bagi anak-anak maupun dewasa karena kandungan gula yang tinggi.

2 komentar:

  1. Duh, udah siap banget Yonie jadi Ibu. Udah paham dia tentang kental manis. ihhiyy.

    BalasHapus
  2. Iya ketika dalam sebuah kondisi, anak harus dikasih susu formula, tentu gak sembarang susu yg bisa diberikan ya. Apalagi kental manis yg nyatanya bukanlah full susu.

    BalasHapus