Minggu, 18 Agustus 2024

JENIS-JENIS TRANSPORTASI BERDASARKAN MODA YANG DIGUNAKAN

Transportasi secara harafiah adalah pemindahan manusia atau barang dari suatu tempat ke tempat lain secara fisik dalam waktu tertentu dengan menggunakan atau digerakan oleh manusia, hewan atau mesin. Dengan adanya perkembangan zaman, transportasi barang berkembang dengan pesat. Banyaknya perusahaan baru dibidang transportasi barang, seperti GoJek, SiCepat, JNT dan sebagainya.

 Hukum transportasi: pengertian, aspek, prinsip, tujuan, dan aturannya

Jenis-jenis transportasi barang berdasarkan moda yang digunakan, yakni:

1. Udara

Transportasi via udara yakni segala bentuk transportasi yang menggunakan moda pesawat, baik pesawat penumpang ataupun pesawat cargo. Di China, transportasi barang via udara selain menggunakan moda pesawat juga ada yang menggunakan drone.

Pengiriman Barang Menggunakan Drone
Teknologi Pengiriman Barang melalui Drone di China
Transportasi via udara

Kelebihan dari transportasi barang via udara yakni pengiriman barang yang lebih cepat dibandingkan jenis transportasi yang lainnnya. Misalnya pengiriman Padang (PDG) ke Jakarta (JKT) layanan satu hari sampai (kirim hari ini, besok sampai) dengan syarat dan ketentuan berlaku. Beberapa jasa pengiriman yang memilik layanan ini, seperti:

  • PCP Express, yaitu JET (Jaminan Esok Tiba)
  • JNE, yaitu YES (Yakin Esok Sampai)

Kekurangan dari transportasi barang via udara yakni biaya yang relatif mahal. Misalnya pengiriman Padang (PDG) ke Jakarta (JKT) layanan satu hari sampai (kirim hari ini besok sampai)

  • PCP Expresss, Rp 33.000
  • JNE, Rp 34.000

2. Darat

Transportasi barang via darat yakni segala bentuk transportasi yang menggunakan jalan untuk mengangkut barang, moda yang digunakan yakni mobil atau motor.

Transportasi via Darat

Kelebihan dari transportasi barang via darat yakni biaya pengiriman yang relatif murah, dengan syarat dan ketentuan berlaku. Misalnya pengiriman Padang (PDG) ke Jakarta (JKT), seperti:

  • PCP Express, yaitu Rp 80.000/10 kg
  • JNE, yaitu Rp 85.000/10 kg

Kekurangan dari transportasi via darat yakni leadtime pengiriman barang yang lama dibandingkan via udara. Misalnya pengiriman Padang (PDG) ke Jakarta (JKT) estimasinya 6-7 hari.

3. Laut

Transportasi barang via laut yakni segala bentuk transportasi yang melintasi laut untuk mengangkut barang, moda yang digunakan seperti kapal. 

Transportasi via Laut
Kelebihan transportasi via laut yakni dapat mengangkut barang dengan tonase yang besar. Kekurangannya adalah tidak cocok untuk pengantaran jarak dekat hanya digunakan untuk kepentingan tertentu.

4. Rel
Transportasi via rel yakni transportasi yang menggunakan moda kereta api untuk mengangkut.
Ramai soal Tarif Murah Kirim Barang Via Kereta Api, Semurah Apa?
Transportasi via Rel
Kekurangan yakni hanya untuk dikota-kota tertentu saja, untuk saat ini di Sumatera Barat masih belum ada. Hal ini dikarenakan perkeretaan di Sumatera Barat masih belum memadai. Kelebihan harga yang relatif murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar