Pages

Sabtu, 14 Desember 2019

Ayo ke Pariaman: Jalan-jalan Murah di Pariaman

Tanggal 13 Desember diperingati sebagai Hari Nusantara. Hari Nusantara itu apa? Hari untuk memperingati bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan, dan ditetapkan melalui Kepres No 126 Tahun 2001. And this year (2019) Pariaman ditunjuk sebagai tuan rumah untuk acara Hari Nusantara. Puncak acara Hari Nusantara di Pariaman tanggal 14 Desember 2019 di Pantai Gandoria. Yap, its today. Selamat Hari Nusantara 2019.
Hat: Hurley
Tshirt: Polo Ralph Lauren
Jeans: Corniche
Sling Bag: Airabag
Pariaman terletak di pantai barat Sumatera, jika perjalanan dari Padang kurang lebih 1,5 jam tapi kalo Bandara Internasional Minangkabau lebih dekat. Apabila dari Padang bisa menggunakan mobil pribadi, taksi, dan kereta api. Yonie merekomendasikan menggunakan kereta api, karena dengan harga Rp 5.000/orang kita bisa sampai di Pariaman. Murah kan 😊. Jadwal kereta api Padang-Pariaman-Padang dari jam 07.00an sampai 18.00an setiap hari nya. Just info, datang nya on time ya takutnya ketinggalan atau bisa naik di stasiun berikutnya.

Stasiun pemberhentian terakhir di Pariaman adalah Naras. Sebaiknya turun di stasiun Gandoria (sebelum stasiun Naras) karena dekat dengan objek wisata Pantai Gandoria dan pusat Kota Pariaman. Mostly sebagian besar penumpang turun di stasiun Gondoria. Wisata hemat di Pariaman dimulai, kenapa hemat karena free entry.

ASEAN Youth Park
Tugu ini dibuat saat acara Youth Exchange and Study Programme tahun 2017. Kalo kesini menggunakan transportasi pribadi hanya dikenakan biaya parkir. Cukup sekali parkir bisa ke beberapa spot wisata di Pariaman, karena spot wisata di Pariaman berdekatan jadi bisa berjalan kaki.

Pariaman Skate Park
ASEAN Youth Park dan Pariaman Skate Park sangat berdekatan hanya berjalan sekitar 3 menitan dari ASEAN Youth Park ke arah Pantai Cermin (kanan).

Momen Perjuangan TNI Angkatan Laut
Monumen ini mengingatkan kembali sejarah saat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Pada saat itu ibu kota dipindahkan ke Bukittinggi, dimana Pariaman memiliki peranan penting dalam menjaga keamanan di sisi TNI Angkatan Laut nya.

Pantai Gandoriah
Pantai Gandoria merupakan pusat objek wisata, dari sini bisa ke pulau kecil lainnya di Pariaman, seperti Pulau Kasiak, Pulau Angso Duo, Pulau Tangah, dan Pulau Ujuang. But, saat itu Yonie belum bisa menyisisir pulau-pulau tersebut. Info lebih lengkap mengenai akses dan biaya ke pulau, bisa cek IG: @ayokepariaman

Sekolah Tinggi Ilmu Baruak
Sekolah Tinggi Ilmu Baruak dibuat karena mata pencarian masyarakat di Pariaman disektor perkebunan "kelapa", untuk memperingan perkerjaan maka baruak membantu masyarakat agar bisa memetik hasil panen. Jadi, disini kita bisa lihat bagaimana baruak yang awalnya liar menjadi baruak yang ahli dibidang pemetikan kelapa. Lokasi STIB tidak berdekatan dengan wisata yang diatas, info lebih lanjut lokasi STIB cek IG: @ayokepariaman, kalo dari Pantai Gondoria bisa naik transportasi online sekitar Rp 10.000an

Mangrove Tracking
Not my lucky day karena Mangrove Tracking nya lagi perbaikan, jadi ga sampai ke dalam. Nantinya Mangrove Tracking ini akan ada biaya tiket nya (saat ini belum ada, free ya tapi tidak disarankan untuk masuk karena risk).

Penangkaran Penyu
Jika ingin melepasakan penyu dikenakan biaya sekitar Rp 10.000/penyu, tapi kalo looking around turtle conservation its free. Mangrove Tracking dan Penangkaran Penyu bersebelahan ya, jadi bisa jalan kaki aja.

Wisata edukasi ada, wisata alam ada, wisata sejarah ada, lengkapkan tapi kurang wisata pantainya 😋. Kalo ada kesempatan ke situ akan dibahas. Oiya, bagi yang naik transportasi pribadi biaya parkirnya
Parkir di Pariaman 

10 komentar:

  1. Pastinya seru banget
    dan aku tak hadir di sana hiks hiks

    Can't wait ngejob luar kota bareng-bareng lagi hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, me too...
      Semoga ngejob bareng again

      Hapus
  2. seru bgt euy jalan2nya, explore pariaman.. paling penasaran sama sekolah beruknya itu deh,, dari dulu pgn ke sana tapi gak pernah kesampean..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  3. Halo Yonie....

    djangki.wordpress.com

    BalasHapus
  4. udah difollow ya blognya :-D

    djangki.wordpress.com

    BalasHapus
  5. Siap, tararengkyu....

    djangki.wordpress.com

    BalasHapus
  6. gila keren banget. jadi pengen kesana

    BalasHapus