Pages

Rabu, 06 November 2019

Danone Open Doors: Visit Pabrik Aqua Solok

Yonie mendapatkan kesempatan untuk visit Pabrik Danone Aqua Solok. Yiipiiiii.......hooo.....πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜ƒ Pabrik Aqua Solok merupakan pabrik ke-17 yang didirikan oleh Aqua Grup. Kow Yonie bisa visit pabrik Danone? Karena Danone merayakan 100 tahun, maka diadakanlah Danone Open Doors. Apa itu Danone Open Doors? Danone Open Doors adalah kegiatan yang mengajak stakeholders (blogger, influencer, dan media) untuk mengunjungi tempat produksi dan mengetahui orang-orang dibalik layar dalam mewujudkan visi One Planet, One Health.
Danone Open Doors: Visit Pabrik Aqua Solok
Perjalanan menuju Pabrik Danone Aqua Solok dimulai jam 08.20 dan memakan waktu sekitar sejam. Sebelumnya di briefing oleh Mbak Chika dan Mas Lukman, selaku pihak Danone Indonesia.
Sarapan for today
Briefing dari Mba Chika

Sudah sampai di lokasi, disambut oleh tim Aqua Solok. Pihak Aqua Solok menjelaskan secara garis besar dari lokasi pabrik, profile pabrik, tim yang berkerja, flow process, dan program CSR yang dijalankan oleh Aqua Solok dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Lokasi Pabrik Aqua Solok
Pabrik Aqua Solok berlokasi di Jorong Kayu Aro, Kenagarian Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Luas lahan pabrik 9,9 Ha, untuk area bangunan 2,0 Ha, dan untuk green area 7,9 Ha. Kebayangkan kalo suasanannya asri, ditambah udara pegunungan yang sejuk.

Welcome to Aqua Solok

Profile Pabrik Aqua Solok
Hasil produksi Aqua Solok di distribusikan ke Sumatera Barat, Pekanbaru, Jambi, Medan, dan Bengkulu
Business Profile Aqua Solok
Tim Aqua Solok
Proses produksi Aqua, akan lebih jelas saat plant tour

Program CSR Aqua Solok
Program CSR Aqua Solok merupakan wujud konstribusi perusahaan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan lingkungan untuk mewujudkan visi One Planet, One Health. Beberapa program yang sudah dilaksanakan, yakni wash, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), sekolah lapangan, konservasi dan kehati, dan economic development. Nantinya Yonie akan berkunjung ke salah satu kelompok yang telah menerima dampak progam CSR yang dijalankan oleh Aqua Solok. Aqua secara global selalu melakukan inovasi terhadap produk untuk meminimalisiri penggunakan plastik dan inovasi dalam daur ulang plastik. Bukan hanya diaplikasikan diluar, didalam perusahaan pun Aqua menerapkan pelestarian lingkungan, seperti saat Yonie pergi ke toilet di pabrik, lampu toilet dalam keadaan turn off saat tidak digunakan dan pemilahan sampah.

Sebelum memasuki pabrik, diberikan aturan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Agar kondusif. maka dibagi 3 kelompok dan Yonie termasuk kelompok 1. Plant tour kelompok 1 dipandu oleh Mba Ochi. Yah, we ready for plant tour.
I'm in 😁

Hal yang tidak boleh dilakukan salah satunya mengambil gambar di area terlarang, area tersebut yakni:
Area Water Treatment
Area water treatment yakni tahap air di filterisasi dan di UltraViolet setelah ditampung. Filterisasi dilakukan dua tahap agar memiliki kualitas kandungan air yang baik dan membuang partikel yang tidak dibutuhkan. Area water treatment merupakan tahap pertama.
Area Blowing - Filler
Area blowing adalah tempat peniupan botol Aqua dari biji botol. Area filling adalah tempat pengisian air yang sudah dilakukan water treatment ke dalam botol Aqua. Lalu proses selanjutnya keeping (pemasangan tutup botol). Area ini merupakan tahap kedua jika pengisian botol Aqua.
Area Galon
Galon yang sudah diterima dari konsumen dilakukan refill, sebelumnya diisi dilakukan pembersihan galon agar kualitas air tetap terjaga. Tahap pembersihan galon tersebut adalah prewash, detergent (bukan detergent yang berbusa ya), rinse dan disinfectan. Setelah tahap pembersihan galon sudah selesai maka dilakukan pengisian air galon. Untuk area galon ini tersendiri berbeda dengan pengisian botol Aqua.

Area yang bisa mengambil gambar, yakni
Area Labeling
Sebelum masuk area labeling, botol Aqua yang sudah ditutup dilakukan pengecekan kembali melalui mesin sensor apakah proses penutupan dan pengisian air sudah sesuai standar, jika tidak sesuai maka botol Aqua tersebut akan keluar jalur. Pengecekan dilakukan oleh sensor.
Botol Aqua keluar dari area blowing - filler

Setelah itu botol Aqua masuk ke tempat pengeringan botol, karena jika botol dalam kondisi basah maka tidak bisa dilakukan labeling. Barulah dilakukan labeling, yakni pemerian kode tanggal pembuatan dan kadaluarsa, serta pemasangan label Aqua. Jika labeling tidak sesuai standar, maka botol Aqua keluar jalur. Standar labelingnya adalah kemasan tersebut melekat dengan baik dan jari bisa masuk disela label kemasan tersebut.
Proses labelling
Area Packing
Botol Aqua yang sudah labelling dilakukan pengecekan final apakah botol aqua tersebut sesuai standar, jika terindikasi ada bahan lainnya yang tidak baik, contohnya oli maka botol Aqua tersebut akan keluar jalur dan air nya akan dibuang. Jika lolos, maka disusun sesuai isi kardus. Penutupan kardus juga dilakukan oleh mesin.

Siap-siap untuk di packing
Packing on process
Lem kardus yang digunakan

Kardus tersebut ditimbang sesuai standar berat dan pices botol Aqua dalam satu kardus, jika berat tidak sesuai maka kardus Aqua akan keluar jalur. Aqua siap di distribusikan ke konsumen.

Just info, saat itu pabrik sedang melakukan produksi kemasan botol Aqua 600 ml. Ukuran kemasan botol lainnya, produksi dilakukan sesuai jadwal atau sesuai permintaan dari konsumen. Pabrik Aqua Solok tidak memproduksi kemasan gelas. Seluruh proses produksi dilakukan oleh mesin.

Plant tour done, dilanjutkan makan dan sholat. Setelah itu, Yonie mengunjungi salah satu kelompok yang telah menerima dampak dari program CSR Aqua Solok, yakni Kelompok Usaha Pengolahan Makanan, KWT Bougenfil. Kelompok ini mengolah makanan yang berbahan dasar strawberry. Beberapa makanan yang dihasilkan yakni galamai, wajik, selai, kue gabin, es, dan pastinya strawberry yang fresh from oven. Kelompok Bougenfil dibina untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengenali potensi, pengolahan penanaman bibit yang ramah lingkungan, pelatihan untuk memproduksi.
Hasil produk dari KWT Bougenfil
Perkebunan strawberry KWT Bougenfil
Setiap sore dilakukan pemetikan

"Happy Anniversary 100 Tahun Danone"

16 komentar:

  1. Tidak terasa y kegiatan ini sudah berlalu. Jadi rindu. Meski sebentar sangat berkesan. Danone memberikan kesempatan bagi kita utk berkunjung ke pabrik Aqua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Comment ny kya nulis blog. Hehe... Klo ad kegiatan kya gini, invite lg y, bg

      Hapus
  2. wiiiii seru banget kak. Dapat banyak teman baru serta dapat pengetahuan baru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuja 100% sma redha, pkoke semua ny nambah

      Hapus
  3. OMG super lengkap.
    Blogger pro emang beda yaaaaa

    Glad to finally meet you Kak Yonie!
    Thanks to aqua sudah mempertemukan kita hahahha

    Seru bgt ya factory visitnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg lebih pro Aul kali, Yonie msh newbie. Prepare banged. Finally ketemu

      Hapus
  4. Seru, kak. Ini momen firt time aku kenal dan ketemu langsung sama kak Yonie. Asyik :)
    Terima kasih, AQUA.
    Happy 100th Danone!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gumawo, Danone-Aqua. Seru nya pake banged y, Ter

      Hapus
  5. Kalo mau ngelem ga bisa banget ya, karena lem yang digunakan sebesar lubang hidung, kalo diisep malah nyumbat idung. Ah, apasih.. HAHAHA. Kak Yonie kangen aku ga Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa pn yg ngelem g tau, g kecium soalny pake maskerπŸ˜‹. Acra lain ketemu lagi kow

      Hapus
  6. Monmaap aku sotoy
    Mau usul biar tampilannya di upgrade ajaa
    kayaknya bakal seru kak~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan buka versi web, versi mobile aj buka ny. Soalny kagak ngerti ngotak-ngatik ny😣

      Hapus
  7. Mbak, tolong dong kalo ketemu aul tabokin dia, wkwkwkwk

    Jarang-jarang loh Aqua ngasih factory visit. Soalnya itu isi dapur perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha... Siap, nanti d tabok in.

      Yap, I'm so lucky.

      Hapus