Pages

Selasa, 12 April 2016

Tutorial: Paspor Online for Indonesia Residence

I will give u tutorial cara mengurus paspor secara online. Actually, bikin Paspor susah-susah gampang, harus ready di kantor imigrasi jam 05.00 untuk mengambil no antrian and must have time for waiting. I'm working, for doing that is so hard and gak mau menggunakan jasa calo (naluri hemat, FYI: jasa calo kurang lebih Rp. 800.000). Permohonan paspor dapat diajukan secara online dan datang ke imigrasi untuk cek keaslian dokumen, wawancara dan photo. So waktu yang diperlukan tidak terlalu banyak. How?

Open this link klik Pra Permohonan Personal. Sebelum itu, sebaiknya baca Petunjuk Pengisian Layanan Paspor Online (download, open this link). Sediakan dokumen Anda, seperti KTP, Kartu Keluarga, Ijazah (bagi yang belum menikah), Buku Nikah ( bagi yang sudah menikah).

Jenis paspor untuk Perorangan dengan tujuan liburan  maka pilihlah 48H Perorangan, yaitu paspor dengan 48 halaman untuk perorangan. Setelah mengisi kolom-kolom tersebut klik "Lanjut".

Isi data diri dalam kolom-kolom yang telah disediakan. Setiap mengisi informasi diri, harus benar. jangan terjadi kesalahan mengetik, maka setiap selesai mengisi data diwajibkan untuk mengecek kembali sebelum mengklik "Lanjut". Setelah data diri diisi benar maka klik "Lanjut".

Setiap ke halaman berikutnya, harus mengklik "Lanjut" untuk menyelesaikan entry data pemohon.

Selanjunya masuk tahap ke-2 yakni verifikasi permohonan yang berisi biaya permohonan paspor dan metode pembayaran (sewaktu itu biaya pembuatan paspor Rp. 355.000). Metode pembayaran dilakukan melalui Teller Bank BNI. Lalu klik "Lanjut".

Masukkan kode captha yang tersedia, lalu klik "Lanjut". pastikan tempat pengurusan paspor Anda benar.

Lalu tersedia rentan tanggal untuk pembayaran paspor di Bank BNI. Setelah itu masukkan kode captha, dan klik "Lanjut".

Setelah itu permohonan Anda akan dikirim ke email Anda. Print permohonan tersebut dan lampirkan saat membayar di Bank BNI.

Jika sudah melakukan pembayarn, maka selanjutnya adalah konfirmasi tanggal kedatangan. Klik link yang ada di email Anda, lalu masukkan No. JurnalmPembayaran yang terdapat pada slip saat pembayaran di Bank BNI dan masukkan nomor captha. Lalu klik "Lanjut".

Akan tersedia tanggal kedatangan ke Kanim pilihan Anda, klik "Lanjut".

Maka pra permohonan telah selesai, konfirmasi kedatangan akan dikirim melalui email, Print lampiran tersebut.

Selanjutnya datang ke Kanim untuk wawancara, pemeriksaan keaslian dokumen dan photo sesuai dengan jadwal yang anda pilih saat pra permohonan, dengan membawa kelengkapan dokumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar